Ternyata Ini Kesalahan Penggunaan AC yang Naikkan Tagihan Listrik!

Dealer Resmi AC Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Ternyata Ini Kesalahan Penggunaan AC yang Naikkan Tagihan Listrik!

May 16, 2019 Info 0

Nyaman adalah salah satu hal yang selalu dicari oleh setiap orang. Baik nyaman saat bersantai di dalam rumah maupun nyaman saat sedang bekerja di kantor. Salah satu faktor yang bisa menciptakan suasana nyaman ini adalah udara yang sejuk saat di luar rumah matahari sedang terik-teriknya.

Pendingin udara atau AC adalah barang elektronik yang akhirnya menjadi sasaran empuk untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Namun sayangnya menggunakan AC ini juga membuat kebanyakan penggunanya merasa galau sebab tagihan listrik menjadi bengkak.

Pemborosan listrik karena AC ini sebenarnya terjadi karena beberapa kesalahan yang tidak disadari oleh para pengguna. Untuk itu coba perhatikan kesalahan-kesalahan penggunaan AC berikut ini dan jangan ditiru ya.

Kesalahan Penggunaan AC yang Sebabkan Boros Listrik

Pemilihan AC yang salah

Saat memutuskan untuk memasang AC sudah seharusnya calon pengguna AC tersebut mencari informasi terlebih dahulu AC seperti apa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Faktor utama untuk melihat AC tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak adalah luas ruangan yang akan dipasang AC dan kapasitas AC yang akan digunakan di ruangan tersebut. Tidak heran jika datang ke toko elektronik dan akan membeli AC, pegawai akan menanyakan AC dengan PK berapa yang dicari.

PK di sini adalah istilah untuk kapasitas AC. Jika AC memiliki PK yang kecil maka luas ruangan yang mampu didinginkan juga ruangan yang kecil atau tidak terlalu luas. Jika salah memilih misalnya AC dengan PK kecil dipasang di ruangan yang luas hal ini yang biasanya membuat AC jadi boros listrik, karena AC harus bekerja lebih ekstra untuk bisa mendinginkan ruangan.

Menentukan suhu AC

Salah satu penyebab AC menjadi boros listrik adalah cara mengatur suhu yang kurang tepat. Hal ini berkaitan dengan cara kerja AC, dimana kompresor akan bekerja lebih berat saat suhu AC diatur pada angka yang kecil. Semakin rendah suhu yang diinginkan maka semakin banyak daya listrik yang dibutuhkan AC tersebut.

Saat cuaca di luar atau di sekitar ruangan panas dan pengguna mengatur suhu ruangan ke suhu terendah, maka kompresor akan terus menerus bekerja dengan keras untuk bisa mencapai suhu yang diinginkan. Ini membuat AC membutuhkan daya listrik yang besar, yang nantinya membengkakkan tagihan listrik rumah.

Menyalakan AC saat ruangan kosong

Ada beberapa pengguna yang biasanya terlupa mematikan AC saat akan keluar rumah. Ada juga yang tanpa sadar menyalakan AC padahal jendela atau pintu tidak tertutup dengan rapat atau sempurna. Dua hal tersebut adalah faktor yang sering membuat tagihan listrik membengkak.

Menyalakan AC dalam kondisi ruangan tidak tertutup dengan sempurna sama saja membuang udara sejuk keluar ruangan dan membuat udara luar yang panas masuk. Hal ini juga yang menjadi sebab AC bekerja lebih berat dan membutuhkan daya listrik lebih besar untuk menyejukkan ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan pengguna.

Beberapa kesalahan penggunaan AC di atas adalah kesalahan yang termasuk sering terjadi. Selain membuat tagihan listrik terus membengkak, kesalahan-kesalahan tersebut juga bisa mempengaruhi keawetan AC. Dipaksa bekerja terlalu berat setiap hari membuat AC bisa mudah rusak. Untuk itu tidak ada salahnya lebih memperhatikan lagi cara penggunaan AC dan juga melakukan perawatan AC secara berkala.

Gunakan jasa perawatan AC secara berkala dari CV Astro yang sudah terpercaya. Perusahaan ini adalah perusahaan yang sudah berpuluh-puluh tahun memberikan pelayanan seputar AC dari pemasangan, dealer resmi beberapa merk AC ternama, dan juga perawatan secara berkala. Untuk informasi lebih lengkapnya yuk langsung saja lihat website resminya di cvastro.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *