Mengenali 5 Pertanda Kerusakan pada PCB AC

Dealer Resmi AC Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Mengenali 5 Pertanda Kerusakan pada PCB AC

May 4, 2019 Info 0

Pada pendingin ruangan atau AC ada sebuah komponen yang dinamakan dengan PCB atau Printed Circuit Board. PCB biasa juga disebut dengan istilah modul. Fungsi PCB ada AC sangat penting karena dari bagian inilah semua sistem berpusat. PCB atau modul bisa juga diibaratkan sebagai otak pada jalannya semua operasional pendingin ruangan (AC).

Adanya gangguan atau kerusakan pada PCB sudah jelas akan mempengaruhi performa dari AC dalam fungsinya untuk mendinginkan ruangan. PCB atau modul kontrol pada AC memiliki banyak fungsi yang berhubungan langsung dengan operasional pada mesin pendingin ruangan tersebut. PCB bertanggungjawab pada kerja kompresor AC, mengontrol suhu, power on-off, IC, thermistor dan lainnya.

Dengan begitu banyaknya tanggungjawab yang harus dijalankan oleh PCB maka kita sebagai pengguna AC harus mengetahui ciri apa saja yang akan terlihat jika komponen tersebut mengalami kerusakan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang kerusakan atau adanya gangguan pada PCB AC. Apa sajakah itu? Cek dibawah ini.

5 Ciri PCB AC Rusak

Kerusakan pada Fuse atau Sekering

PCB AC yang rusak bisa dikenali dengan melihat pada bagian fuse atau sekering. Jika sekering mengalami kondisi mati total maka besar kemungkinan memang PCB AC rusak. Cek dengan alat multitester dan lihat apakah jarumnya bergerak atau tidak. Jika jarum pada multitester tidak bergerak sama sekali artinya memang fuse mati dan itu menunjukkan bahwa ada indikasi kerusakan pada PCB.

Sensor Rusak

Pernahkah Anda mengalami remote AC macet dan tidak bisa digunakan untuk mengendalikan pendingin ruangan tersebut? Kalau iya mungkin Anda akan langsung berpikir bahwa baterai remote habis atau remote error padahal itu belum tentu benar.

Penyebabnya bisa jadi adalah PCB AC yang rusak. Artinya kerusakan pada PCB AC mempengaruhi sensor sehingga tidak bisa terhubung dengan remote. Jika ini terjadi cek dengan menggunakan voltmeter.

Thermistor Rusak

Thermistor adalah komponen pada AC yang berfungsi sebagai alat pengukur suhu. Thermistor yang mati juga akan membuat AC mati sehingga tidak akan bisa mendinginkan ruangan.

Untuk mengecek kerusakan pada thermistor bisa dilakukan dengan cara periksa pada tegangan DC thermistor. Hubungkan thermistor ke controller dan muttitester. Sebagai contoh jika suhu ruangan 150°C dan hasil pengukuran menunjukkan angka 1,5 itu artinya thermistor normal.

Rusaknya IC Program

IC program pada AC merupakan mikrokontroler yang bertugas untuk mengatur sistem kerja dari unit AC. PCB AC yang rusak bisa dilihat dari adanya masalah pada IC program tersebut. Gangguan pada IC program ini juga akan membuat AC mati.

Untuk memastikan, Anda bisa melakukan pengecekan dengan memberikan tegangan dan lihat apakah ada respon atau tidak. Jika tidak maka berarti memang IC program mati.

Pin Konektor dan Jalur PCB Rusak

Jika lampu indikator pada AC tidak mau menyala maka bisa jadi kasus inilah yang terjadi. Kerusakan pada pin konektor dan jalur PCB pada modul kontrol AC akan menyebabkan lampu indikator mati.

Mengapa PCB atau modul kontrol bisa rusak? Inilah jawabannya.

Faktor Penyebab PCB AC Rusak

PCB atau modul kontrol pada AC bisa mengalami gangguan masalah dan kerusakan yang disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini :

– Listrik PLN tidak stabil atau terjadi fluktuasi

– Usia dari PCB atau modul itu sendiri

– Terkena air pada saat pembersihan

-Konslet atau kena arus pendek

– Kesalahan manusia

Pemeliharaan dan perawatan pada komponen-komponen penting AC akan memperpanjang usia pemakaiannya. Jika Anda membutuhkan AC dengan merk-merk terkenal bisa didapatkan di CV. Astro.

0 Shares

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *