Simak! Tanda-Tanda Kerusakan pada Thermistor AC

Dealer Resmi AC (Air Conditioning) Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Simak! Tanda-Tanda Kerusakan pada Thermistor AC

26/04/2019 Info 0

Tidak berbeda dengan alat elektronik lainnya. AC juga bekerja dengan mengandalkan berbagai komponen yang terdapat di dalam AC. Dari sekian banyak komponen pada AC salah satu AC yang punya peranan penting adalah thermistor AC.

Bagian ini rentan mengalami kerusakan. Ada beberapa tanda yang dimunculkan jika thermistor mengalami gangguan. Berikut ini ulasan singkat tentang thermistor dan tanda kerusakannya.

Mengenal tentang Komponen Penting AC yaitu Thermistor

Apa Itu Thermistor?

Thermistor merupakan suatu komponen dalam AC yang mampu mendeteksi adanya perubahan pada suhu ruangan. Cara kerja alat ini cukup sederhana, alat ini akan memantau perubahan suhu dan mengurangi nilai tahanan ketika ada perubahan suhu dalam ruangan. Jadi, perubahan suhu akan selalu terawasi dan suhu di sekitar akan selalu terjaga.

Fungsi Thermistor

Pada AC thermistor akan memantau suhu ruangan. Perubahan suhu akan mempengaruhi ukuran yang kemudian merubah nilai hambatan pada suatu rangkaian komponen dalam AC. Kenaikan dan penurunan suhu ruangan AC akan dipantau oleh thermistor yang nantinya berpengaruh pada nilai resistensi. Jadi, alat ini berfungsi untuk mengatur suhu pendingin pada AC sehingga suhu ruangan dapat terjaga.

Kerusakan pada fungsi thermistor akan menyebabkan pengaturan suhu AC menjadi bermasalah. Jadinya, AC akan kesulitan mengatur pengeluaran suhu dingin karena tidak dapat mendeteksi tingkat suhu dalam ruangan. AC tidak dapat bekerja dengan normal karena tidak dapat menentukan tingkat pendinginan ruangan dan saat yang tepat untuk menurunkan kinerja pendinginan.

Tanda Adanya Masalah pada Thermistor AC

Bagian Outdoor AC Tidak Bekerja dengan Benar

Adanya masalah pada thermistor akan berdampak pada fungsi kompresor. Masalah pada thermistor dapat menyebabkan kompresor mati dan menyala tidak beraturan. Hal ini dikarenakan pengaturan suhu berhubungan dengan kinerja dari kompresor. Ketika thermistor tidak dapat mendeteksi suhu dengan benar maka kinerja kompresor untuk mendinginkan ruang menjadi terganggu.

Hal yang perlu diingat adalah masalah tersebut harus dibarengi dengan tidak berfungsinya kipas AC. Jikalau hanya kompresornya saja yang mati tanpa diikuti dengan matinya kipas AC ini menunjukkan masalah yang lain. Bisa jadi, masalahnya bukan pada thermistor tapi pada ampere pada kompresor yang terlalu tinggi atau kapasitor tidak berfungsi maksimal.

Remote Tidak Berfungsi dengan Baik

Tidak berfungsinya remote AC dapat menjadi salah satu indikator adanya masalah pada thermistor. Hanya saja, tetap harus dilakukan dahulu pemeriksaan pada remote untuk memastikan masalah bukan berasal dari baterai yang habis atau gangguan dari remote. Matinya remote tidak bisa menjadi satu-satunya indikasi masalah thermistor. Namun, bisa menjadi satu hal yang patut dicurigai.

Kondisi matinya remote saat thermistor rusak hanya terjadi pada beberapa merek AC. Maka hal ini mungkin juga tidak muncul pada merek AC lainnya. Terlepas dari hal tersebut, gangguan remote AC bisa menjadi tanda dibutuhkannya jasa perbaikan. Penggunaan jasa teknisi akan memastikan kerusakan pada AC dan membantu penanganan masalah pada AC.

Keluarnya Bunyi yang Aneh

Pada beberapa merek AC ada yang akan mengeluarkan bunyi penanda ketika ada kerusakan pada thermistor AC. Munculnya bunyi penanda tersebut mengisyaratkan bahwa pengguna perlu memperbaiki atau mengganti thermistor AC. Tentunya, penggantian komponen harus sesuai dengan produk AC.

Suhu AC Tidak Menentu

Suhu AC yang tidak menentu atau AC menjadi tidak dingin, menjadi salah satu pertanda thermistor AC mengalami kerusakan. Tidak berfungsinya alat ini akan menjadikan fungsi AC untuk mengeluarkan mengenali suhu dan mendinginkan ruangan menjadi terganggu. Hal ini berdampak pada suhu yang tidak dingin dan kinerja yang tidak optimal.

Thermistor AC berperan sebagai pendeteksi dan membantu pengaturan sistem pendingin pada AC. Tanda adanya kerusakan pada komponen ini adalah suhu AC tidak tetap, remote bermasalah, kompresor terganggu, dan keluarnya bunyi penanda. Jika pengguna berpikir ingin mengganti AC dengan yang baru, bisa membeli produk AC yang dijual di CV ASTRO.

Click to rate this post!
[Total: 11 Average: 3.6]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *