Ini Cara Melakukan Flushing untuk Mengatasi AC yang Tersumbat

Dealer Resmi AC Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Ini Cara Melakukan Flushing untuk Mengatasi AC yang Tersumbat

October 28, 2019 Info 0

Salah satu masalah AC yang mengganggu fungsi AC dan dapat merusak komponen adalah sumbatan. Gangguan sumbatan AC karena adanya tumpukan kotoran pada saluran AC dapat menghambat kinerja AC. Cara menanggulangi ini yakni dengan menerapkan teknik flushing agar sumbatan dapat dihilangkan. Berikut ini akan dijabarkan tanda adanya sumbatan serta cara melakukan flushing.

Ciri AC Mengalami Sumbatan Pada Saluran

Tekanan AC

Adanya sumbatan menyebabkan ketidakstabilan pada tekanan di dalam AC. Kondisi ini dapat diketahui dengan penggunaan manifold gauge. Gunakan alat ini untuk memeriksa tekanan pada AC melalui unit outdoor AC. Ketika tekanan AC bermasalah, jarum pada alat ini tidak akan bergerak dengan normal. Dalam artian jarum akan bergerak secara tidak stabil.

Munculnya Suara Aneh

Jika pengguna mendengar suara desiran air pada bagian AC yang berada di luar maupun di dalam. Ini menandakan adanya masalah dalam saluran. Apabila kondisi ini dibiarkan maka saluran akan menghambat kinerja kompresor dan dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada kompresor. Oleh karena itu, penanganan terhadap hal ini sangat dibutuhkan.

Teknik Melakukan Flushing untuk Menghilangkan Sumbatan

Membuka Saluran

Langkah awal melakukan flushing adalah membuka pipa AC. Ada dua bagian pipa yang harus dibuka yakni pipa besar dan pipa kecil. Kedua pipa tersebut terhubung dengan katup dua jalan serta katup tiga jalan pada bagian outdoor AC. Gunakan kunci pas atau kunci inggris untuk melakukan hal ini.

Pemasangan Selang

Langkah selanjutnya dengan memasang selang manifold pada bagian gas freon R22  dan R11. Serta ke bagian pipa yang akan dilakukan proses flushing. Cara melakukannya dengan memasang selang kuning ke pipa kecil. Lalu selang manifold biru di padang pada tabung freon R11. Selang merah dipasang di freon R22. Pastikan juga bahwa semua keran pada manifold tertutup dengan rapat.

Mulai Proses Flushing

Sesudah pemasangan dilakukan proses lanjutannya adalah memasukkan freon R11. Freon jenis ini akan berguna untuk menghilangkan oli serta kotoran yang ada dalam pipa. Untuk memperlancar dorongan freon R11 biasanya akan didahului dengan N2. Setelah siap, masukkan freon R11 ke dalam pipa kecil dengan membuka keran tabung R11.

Secara perlahan bukalah keran biru yang terdapat pada manifold. Lakukan hal ini hingga gas dari R11 dapat masuk ke dalam saluran pipa. Jika R11 sudah memasuki pipa, tutup rapat keran warna biru yang ada pada manifold. Lalu tutup keran tabung yang berisi gas R11.

Pada tahap ini dibutuhkan penambahan dorongan dengan menggunakan freon R22. Caranya dengan membuka keran yang berwarna merah yang terdapat di manifold. Kemudian buka juga tabung R22. Jangan lupa untuk menutup pipa besar dengan tangan, tekan dengan kuat sampai mencapai tekanan tinggi. Lalu lepas dan tutuplah kembali.

Ulangi beberapa kali hal tersebut lalu lepaskan supaya oli dan kotoran yang larut karena gas R11 dapat keluar melalui pipa besar. Lakukan beberapa kali sampai tidak ada sisa larutan dan gas R11 yang tertinggal pada pipa. Setelah itu tutup keran warna merah yang ada pada manifold serta keran tabung R11.

Langkah terakhir, lakukan pelepasan pada semua sambungan yang tadi sudah terpasang. Rapikan kembali AC seperti sedia kala. Setelah itu lakukan pengecekan fungsi AC untuk melihat apakah kondisi AC sudah kembali normal.

Sumbatan pada AC harus segera mendapat penanganan. Adanya sumbatan dapat diketahui dari tekanan AC serta suara pada AC. Tangani sumbatan dengan cara melakukan flushing menggunakan freon R11 dan R22 yang dimasukkan pada pipa. Freon tersebut akan melarutkan kotoran dan oli yang menempel di pipa. Ingin mencari produk AC yang baru dan berkualitas bagus, beli dan cari produk AC di CV ASTRO.

Click to rate this post!
[Total: 3 Average: 3.7]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *