Bagaimana Sih Sebenarnya Cara Kerja AC? Simak Jawabannya Berikut!

Dealer Resmi AC (Air Conditioning) Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Bagaimana Sih Sebenarnya Cara Kerja AC? Simak Jawabannya Berikut!

05/04/2019 Info 0

Udara yang sejuk dan dingin menjadi hal yang dicari setiap orang. Menggunakan pendingin ruangan berupa Air Conditioner atau AC menjadi pilihan yang efektif untuk digunakan. Terlebih di negara Indonesia yang termasuk wilayah tropis. Menggunakan AC menjadi favorit bagi sebagian orang. AC biasanya digunakan di rumah, perkantoran, apartemen, dan berbagai tempat lainnya.

Pendingin ruangan ini memiliki cara kerja yang canggih yang mampu menyaring debu dalam ruangan sehingga ruangan menjadi steril. Tentu saja menggunakan AC ini menjadikan ruangan lebih bersih dan terhindar dari bakteri. Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja AC? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita intip jawabannya di bawah ini.

Cara Kerja Air Conditioner

Kompresor pada AC

Di dalam AC terdapat sebuah komponen utama yaitu kompresor yang merupakan power unit sistem pendingin udara. Kompresor ini berfungsi mengubah gas yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. Gas dalam kompresor ini berupa gas Freon. Ketika Freon sudah tidak mampu menyerap panas di ruangan, maka gas Freon harus kembali dulu ke wujud zat cair.

Proses ini yang menyebabkan tekanan tinggi dan menyebabkan panas cukup tinggi. Panas tersebut harus dibuang dan dikembalikan dalam wujud cair. Sehingga Freon selain untuk kompresor juga bisa menarik kembali gas Freon ke heat exchanger lewat pipa kapiler.

Heat Exchanger

Bagian heat exchanger sudah disebutkan sebelumnya yang merupakan tempat bertukarnya panas dengan sistem pendingin. Sistem pendingin yang dihasilkan akan menuju luar ruangan. Bagian heat exchanger ini menghadap luar ruangan. Pada sistem heat exchanger ini panas yang ada di dalam ruangan akan dikeluarkan menuju ke udara bebas luar ruangan.

Strainer

Setelah udara panas dikeluarkan ke luar ruangan dengan bantuan dari kipas di AC. Maka yang terjadi selanjutnya yaitu gas Freon mengembun dan menjadi cairan. Cairan yang terbentuk tersebut masuk ke dalam strainer sebagai penampungan sementara sebelum akhirnya masuk ke dalam evaporator. Namun, sekarang sudah ada pengembangan produksi AC yang tanpa menggunakan strainer.

Evaporator

Setelah gas Freon berubah menjadi cair dan dialirkan ke evaporator maka yang terjadi adalah proses penguapan. Proses ini akan menyerap panas menuju ke permukaan evaporator dan yang terjadi adalah suhu menjadi dingin. Suhu dingin inilah yang dimanfaatkan mesin untuk menyebarkan dingin hingga ke seluruh ruangan kamar.

Penyebaran suhu dingin ini dibantu oleh kipas angin di dalam AC sehingga angin yang berhembus dari evaporator menjadi sejuk dan menghilangkan hawa panas dalam ruangan.

Thermostat

Bagian dalam AC selanjutnya yang memiliki peran penting untuk cara kerja AC yaitu thermostat. Thermostat ini berfungsi mengatur suhu yang dikeluarkan agar todak terlalu dingin. Cara kerjanya yaitu ketika suhu ruangan sudah mencapai suhu tertentu sesuai tipe AC maka thermostat akan memutus aliran listrik yang menuju ke kompresor.

Sehingga pendinginan hanya dilakukan oleh kipas dan sisa gas Freon di sekitar evaporator. Thermostat akan menghubungkan aliran listrik kembali setelah suhu di dalam ruangan kembali naik setelah batas suhu yang telah disesuaikan tipe AC.

Kipas

Sebelumnya sudah dibahas tentang kipas yang memiliki lokasi tepat di balik evaporator atau heat exchanger. Kipas di dalam AC ini berfungsi mempercepat aliran udara dingin ke permukaan serta membantu menyerap hawa panas.

Salah satu dealer AC dengan kualitas terbaik yaitu CV Astro, yang merupakan gerai dengan penyedia layanan kebutuhan AC berkualitas. Dealer ini bahkan sudah memiliki sertifikat sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi penipuan.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *