Hati-Hati Saat Hujan! Lakukan Ini Pada AC Rumah

Dealer Resmi AC Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Hati-Hati Saat Hujan! Lakukan Ini Pada AC Rumah

November 5, 2019 Info 0

Sebagai negara tropis yang punya dua musim, Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna AC tinggi. Saat musim panas, wajar saja penggunaan AC tinggi. Tentu saja akan banyak yang menggunakannya karena udara terasa gerah dan panas. Hal ini akan berbalik saat musim hujan tiba. Penggunaan AC memang berkurang karena suhu udara lebih dingin.

Namun hal yang perlu diketahui adalah AC memerlukan perawatan yang benar agar tidak mudah rusak. Terutama saat musim hujan. Tetesan air hujan memang kerap kali menjadi sumber masalah pada peralatan elektronik. Misalnya saja mesin pada AC yang bisa rusak karena masuknya air hujan ke dalam mesin AC. Untuk itu, suhu lembab AC pada musim hujan memang harus disetel sebenar mungkin.

Beberapa Perawatan AC Pada Saat Musim Hujan

Bersihkan Filter Udara

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan filter udara. Tidak bisa dipungkiri bahwa filter AC yang kotor menjadi sumber tertumpuknya berbagai macam kotoran seperti debu dan kotoran. Oleh sebab itu lakukanlah pembersihan terhadap AC agar udara yang dihasilkan berkualitas. Membersihkan AC di musim hujan memang harus dilakukan secara rutin.

Tidak bisa dipungkiri bahwa servis AC secara berkala memang sangat diperlukan. Udara yang dihasilkan bisa saja kotor jika tidak secara rutin dibersihkan. Selain itu, membersihkannya secara rutin akan membuat AC lebih awet dan udara yang dihasilkan lebih segar dan bersih. Tentu saja itu akan baik bagi kesehatan. Udara yang kotor menjadi penyebab banyaknya jenis penyakit.

Bersihkan evaporator AC

Selanjutnya adalah membersihkan bagian AC yang disebut dengan evaporator. Memang harus diketahui bahwa evaporator pada AC ini menjadi perangkat yang rawan terkena debu. Bahkan bukan hanya itu, dia juga bisa terkena bunga es yang tercipta saat AC dioperasikan. Jika dilihat dari fungsinya, evaporator ini bertugas untuk mengalirkan udara panas ke dalam refrigerant.

Selanjutnya, cairan akan dirubah menjadi gas ketika selesai melewati pipa kapiler. Maka, komponen ini bertugas menukar panas. Udara yang ada di dalam ruangan otomatis akan diserap evaporator dan kemudian masuk ke dalam sirip pipa. Akhirnya, udara segarlah yang akan keluar. Sangat  penting membersihkan komponen ini supaya tidak terjadi penumpukan bunga es sebab pertukaran udara.

Bersihkan Evaporator pada Unit Outdoor AC

Bukan hanya di bagian indoor saja, evaporator juga terdapat di bagian outdoor AC. Tentu saja ini merupakan bagian vital yang harus terjaga kebersihannya. Evaporator yang ada di bagian outdoor AC ini mempunyai komponen compressor yang fungsinya untuk memompa gas freon. Evaporator di bagian outdoor ini juga berfungsi untuk membuang udara panas.

Saat musim hujan tiba, kotoran ang yang ada pada unit akan menempel dengan cepat dan tebal. Oleh karena itulah diperlukan perawatan rutin dengan cara menyemprotkan air. Air ini akan turut membantu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada unit komponen ini. Setelah disemprotkan, maka gosok secara perlahan supaya tampak bersih.

Matikan AC saat tidak dipakai

Berikutnya adalah mematikan ACA ketika memang tidak dipakai. Udara pada musim hujan tentu akan lebih dingin. Seharusnya penggunaan AC bisa diminimalisir sebaik mungkin. Hal ini merupakan salah satu cara untuk merawat AC pada musim hujan. Hal ini juga menjadi salah satu cara yang membuat AC lebih awet dan tahan lama. Selain lebih hemat energi, cara ini tentu saja akan lebih membuat AC awet.

Bicara soal AC tentu bukan hanya soal perawatan. Hal lain yang perlu dibahas adalah tempat pembelian AC terbaik. Produk yang lengkap dari berbagai brand terkemuka dengan harga yang bersahabat, bisa ditemukan di CV ASTRO. Nah, tunggu apalagi? Segera hubungi untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *