Anda Punya AC yang Jarang Dipakai? Yuk, Intip Cara Tepat Merawatnya Agar Tidak Cepat Rusak

Dealer Resmi AC (Air Conditioning) Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Anda Punya AC yang Jarang Dipakai? Yuk, Intip Cara Tepat Merawatnya Agar Tidak Cepat Rusak

05/05/2019 Info 0

Sekarang ini, penggunaan AC tidak lagi jarang di kalangan masyarakat. Anda bisa menemukannya dengan mudah hampir di setiap tempat, misalnya minimarket, perkantoran, sekolah, atau ruang tunggu stasiun kereta api. Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa hawa panas karena perubahan iklim yang kian taun semakin lebih ganas, membuat pemakaian AC menjadi meningkat.

Sayangnya, tidak semua pemilik bisa menggunakan pendingin ruang ini setiap saat. Ada kalanya mereka hanya meninggalkannya terbengkalai di dalam rumah, karena sebagian waktunya dilakukan untuk beraktivitas di luar, misal berkerja atau sekolah. Tapi bukan berarti AC yang jarang digunakan akan awet dan tahan lama.

AC-AC ini meskipun tidak digunakan, akan tetap membutuhkan perawatan yang intens, agar mesin, freon maupun komponen lain, masih segar saat digunakan lagi. Berikut ini tips cara merawat AC yang benar, saat tidak digunakan.

Cara Merawat AC yang Jarang Digunakan

Menyimpannya

Pernahkah Anda menyadari, bahwa barang elektronik yang jarang digunakan akan cepat rusak? Tentu saja, hal ini karena mesin dalam alat tersebut lebih cepat kotor dan berdebu sehingga merusak komponen internalnya.

Maka dari itu, jika kebetulan Anda tidak bisa lagi menggunakan AC untuk waktu yang cukup lama karena suatu alasan, sebaiknya, segera lepas AC Anda dan simpanlah di dalam kardus. Hal ini bertujuan, agar AC yang tidak digunakan, terlindungi dari debu serta kotoran jahat yang merusak mesin internal AC.

Namun, jika keadaanya tidak memungkinkan, sebab Anda tidak pergi terlalu lama, maka mintalah seseorang yang ada di rumah untuk membersihkan AC Anda secara berkala. Dengan demikian, AC Anda akan selalu terawat dan sehat.

Letakkan di Tempat Bersih dan Tidak Lembab

Anda tahu, bukan? Bahwa mesin elektronik memang terbuat dari logam khusus yang tidak mudah berkarat. Akan tetapi, bukan berarti logam tersebut tidak teroksidasi sama sekali.

Mengingat hal ini, sebaiknya Anda tidak meletakan AC yang jarang digunakan di tempat yang lembab, seperti di atas wastafel, kamar mandi, dst. Cara ini akan sangat efektif membuat mesin AC  Anda selalu bagus dan awet meski jarang digunakan.

Simpan dalam Kondisi Terlepas Komponennya

Jika memang diharuskan untuk menyimpan AC, alangkah baiknya jika Anda bisa melepas dulu seluruh bagian komponennya. Cara ini akan membuat AC Anda lebih awet dan tidak mudah rusak saat disimpan. Apalagi, cara ini juga memudahkan Anda untuk membersihkan serta memeriksa apakah ada kerusakan ketika merakit komponen AC kembali.

Periksa Kebersihan AC Secara Berkala

Tadi sempat disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahwa Anda harus selalu memastikan AC Anda dalam kondisi yang bersih, baik saat disimpan maupun saat digunakan. Selalu membersihkan AC berarti menyingkirkan penjahat yang berniat merusak kebaikan AC tersebut, yaitu kotoran dan debu.

Sebaiknya, Anda perlu memeriksa secara berkala mesin AC tersebut apakah kotor atau tidak, meskipun sangat jarang Anda gunakan. Jika iya, Anda hanya perlu membersihkannya. Bahkan jika tidak terlalu kotor pun, Anda tetap harus membersihkannya. Sebab kotoran yang sedikit, juga bisa merusak mesin AC dan membuatnya bekerja secara tidak maksimal.

Itulah beberapa cara menjaga AC agar tidak mudah rusak saat jarang digunakan. Jika Anda sudah mengetahui caranya, maka tidak masalah lagi jika Anda memiliki salah satunya sekarang. Anda bisa memilih satu dari yang terbaik di CV Astro. Di sini, kami menyediakan berbagai AC dari merk ternama dengan kecanggihannya masing-masing. Anda hanya perlu menghubungi kami dan dapatkan AC sesuai dengan kebutuhan Anda.

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 3.5]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *