Berikut Cara Kerja AC Inverter

Dealer Resmi AC (Air Conditioning) Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Berikut Cara Kerja AC Inverter

30/04/2019 Info 0

Saat ini ada begitu banyak jenis AC yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Termasuk AC inverter yang memiliki kelebihan dalam mendorong konsumen untuk memilih AC tersebut dipasang di rumahnya.

Banyak kelebihan lain yang mampu menarik konsumen membeli seperti penggunaan daya yang lebih rendah dibandingkan AC biasa. Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri cukup berbeda dengan AC biasa.

Memahami Cara Kerja AC Inverter

Jumlah Pendingin

Untuk jumlah pendingin yang dibutuhkan dalam sebuah unit pendingin udara sendiri sangat bervariasi. Tergantung dari jumlah panas dalam ruangan dan suhu di luar ruangan.

Terutama saat kapasitas pendingin perlu ditingkatkan, maka kompresor akan beroperasi dalam kecepatan tinggi dan jumlah aliran refrigerant akan ditingkatkan. Sedangkan saat suhu dalam kondisi normal atau sedang, maka kapasitas pendingin perlu dikurangi.

Saat AC Diaktifkan

Saat pendingin udara inverter diaktifkan, maka kompresor akan beroperasi pada kecepatan tinggi dalam mendinginkan ruangan lebih cepat. Kemudian saat suhu ruangan mendekati suhu yang diinginkan.

Kompresor akan melambat, mempertahankan suhu konstan dan lebih menghemat energi. Fluktuasi yang terjadi akan mendadak pada kamar, tersensor dan langsung disesuaikan kembali membawa suhu ruangan sesuai yang disetel.

Penggunaan AC inverter juga lebih hemat 30-50% dan listrik akan beroperasi. AC tipe ini juga dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor dan mengendalikan aliran refrigeran.

Selain itu pada AC tradisional pengaturan suhunya dapat dilakukan melalui kompresor on dan off secara berkala. Kemudian AC akan bekerja dengan kapasitas maksimum.

Sama dengan Analogi Mesin Mobil

Dikatakan seperti analogi mesin karena cara kerja AC inverter ini meniadakan siklus start-up yang digunakan pada AC biasa. Motor kompresor juga akan segera berhenti jika AC sudah dalam suhu yang diinginkan.

AC akan langsung bekerja lagi jika sudah mendekati panas. Sedangkan daya yang dibutuhkan untuk memutar kompresor sendiri mencapai 900 watt dan akan terus berulang setiap kompresor mati.

Suara yang Dihasilkan

AC inverter ini akan terus berputar meskipun sudah mencapai suhu dingin, maka akan membuat AC tidak mengeluarkan suara bising. Karena AC inverter memiliki mekanisme yang dapat melakukan penyesuaian output.

Kemudian mengkompensasi perubahan suhu sepanjang hari. Baik dalam pendinginan atau pemanasan. Selain itu AC inverter juga mengonversi input daya Ac ke DC supaya dapat mengontrol kecepatan kompresor unit outdoor. Dengan begitu akan memberikan control, konsumsi daya dan akurasi lebih besar untuk menyesuaikan kondisi yang tepat.

Kelengkapan AC

Untuk AC inverter ini sudah dilengkapi dengan drive frekuensi-variable. Menggabungkan inverter listrik dan dapat disesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor. Akan mendekati kompresor dan output pendinginan.

Selain itu menggunakan AC inverter, Anda akan mendapatkan 30-50% lebih murah karena daya yang dikonsumsi lebih sedikit. Lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan, lebih tenang dan tidak berisik.

Waktu start up berkurang sampai 30%, tidak ada fluktuasi suhu, memaksimalkan tingkat kenyamanan dan tidak ada tegangan puncak dari kompresor tersebut.

Jadi AC jenis ini dapat memberikan kinerja yang baik meskipun dalam kondisi suhu panas ekstrem. Akan tetap stabil dalam menjaga suhu ruangan supaya tetap sejuk dan penggunaan listriknya cukup hemat.

Lebih awet dan tahan lama serta tidak menimbulkan suara gaduh saat sistem sedang bekerja.

Dengan mengetahui cara kerja AC inverter ini, maka saat menggunakannya Anda tidak perlu bingung lagi. Tetap perlu dilakukan servis dan pembersihan secara teratur supaya tidak mengalami kerusakan. Sedangkan untuk pembelian AC inverter dapat menghubungi CV ASTRO.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *