Siapa Bilang AC dan Purifier Sama? Ini Bedanya!

Dealer Resmi AC Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Siapa Bilang AC dan Purifier Sama? Ini Bedanya!

May 15, 2019 Info 0

Udara adalah salah satu kebutuhan manusia dalam dan makhluk hidup lainnya demi melangsungkan kehidupan. Jaman yang melek teknologi seperti sekarang ini membuat banyak sekali produk elektronik yang berhubungan dengan pengolahan udara. Mengingat sekarang ini udara sudah semakin tercemar dengan polusi tak heran jika ada beberapa jenis elektronik yang dibuat untuk mengatasi hal tersebut.

Produk yang sekarang sedang populer untuk digunakan mengatasi masalah yang berhubungan dengan udara adalah pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) dan penjernih udara (purifier). Banyak orang yang salah mengira bahwa kedua produk elektronik ini memiliki fungsi yang sama. Untuk mengetahui benar atau tidaknya pandangan masyarakat tersebut mari simak ulasan berikut ini.

Beda AC dan Purifier

Air Conditioner atau AC

Penjelasan dari Air Conditioner atau AC yang dikenal sebagai pendingin ruangan ini, memiliki tugas atau fungsi untuk memberikan kenyamanan penggunanya, dengan cara mendinginkan udara yang dipasang AC itu sendiri. Di sini sudah bisa dipastikan ruangan yang diberi AC akan terasa sejuk atau dingin meski cuaca di luar ruangan tersebut sedang panas dan lembab.

AC atau pendingin ruangan ini memiliki fitur untuk merubah suhu ruangan, mengatur kelembaban udara di suatu ruangan, dan juga memastikan kualitas udara secara keseluruhan di dalam satu ruangan. Fungsi utama dari AC ini adalah menghilangkan hawa panas dan menggantikan panas tersebut dengan hawa yang sejuk. Selain itu juga merubah ruangan yang lembab lebih kering.

Jika ada debu, kuman, atau bakteri yang ada pada udara di ruangan tersebut maka partikel-partikel tersebut akan tersaring dan terjebak di saringan atau filter yang ada pada AC. Filter pada AC di sini fungsi utamanya sendiri adalah untuk mengoptimalkan kerja AC agar partikel udara yang dapat merusak AC bisa disaring.

Purifier atau penjernih udara

Jika AC atau pendingin udara digunakan untuk mendinginkan udara di suatu ruangan. Purifier dibuat untuk membersihkan udara di suatu ruangan. Hal ini jelas jauh berbeda dengan AC. Meski sama-sama memiliki fitur untuk menyaring udara dari bakteri, kuman, dan debu tapi udara yang dihasilkan jauh berbeda.

Purifier lebih dimanfaatkan pengguna untuk faktor kesehatan karena memang fungsinya membersihkan udara dari polusi. Meski di dalam ruangan udara tentu tercemar dengan debu, asap, bakteri, dan kuman. Penjernih udara atau purifier inilah yang bertugas menjernihkan udara sehingga tidak mengandung polutan lagi.

Perbedaan terbesarnya adalah purifier tidak menghasilkan udara yang dingin atau sejuk meski dinyalakan. Pada dasarnya purifier ini memang tidak memiliki fungsi menghilangkan kelembaban dan hawa panas. Alat ini hanya menyaring udara di sekitar alat ini sehingga terbebas dari polusi yang menyebabkan penyakit pernafasan. Filter atau penyaring yang digunakan tentu lebih mutakhir daripada yang ada pada AC.

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa AC dan purifier berbeda fungsi dan kegunaan. AC digunakan untuk mendinginkan ruangan meski bisa juga menyaring partikel yang merupakan polusi udara namun hasilnya tidak seefisien udara yang dihasilkan purifier. Udara yang dihasilkan jauh lebih bersih dari polusi dan memang menyehatkan.

Untuk memiliki AC yang berkualitas dan sesuai kebutuhan, langsung saja pakai jasa CV Astro. Perusahaan yang merupakan dealer resmi dari beberapa merk AC terkenal dan terpercaya.

Di sini ada juga layanan pemasangan dan perawatan AC yang pastinya dikerjakan SDM yang sudah sangat berpengalaman. Untuk tahu lebih lanjut profilnya yuk kunjungi website resminya di cvastro.com. Nikmati layanan CV Astro dan temukan AC sesuai kebutuhan Anda.

0 Shares

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *