Ketahui Penyebab dan Solusi AC yang Mengeluarkan Bunga Es

Dealer Resmi AC Spesialis Proyek Gedung, Perumahan, dll...

Ketahui Penyebab dan Solusi AC yang Mengeluarkan Bunga Es

November 2, 2019 Info 0

Ketika indoor unit AC mengeluarkan bunga es tentu menjengkelkan. Selain ruangan tidak dingin, timbul becek saat bunga es mencair. Kemudian, timbul pertanyaan mengapa muncul bunga es pada indoor unit ac ruang? Bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasan berikut.

Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Bunga Es pada AC

  • Kerusakan pada Blower

Jika seluruh permukaan evaporator tertutup oleh bunga es, maka blower tidak menyala hingga tidak dapat mensirkulasikan udara di sekitar evaporator. Udara yang mengandung uap air di sekitar evaporator akan mengembun. Hal ini terjadi karena terserap hawa panas oleh evaporator, kemudian udara tadi menempel pada sirip evaporator.

Embun tidak bisa mengalir ke talang air karena hembusan udara dari blower tidak ada. Sebab, blower mati. Embun tersebut menjadi bunga es karena terus-menerus terserap hawa panasnya. Seperti halnya pada kulkas satu pintu. Untuk mengatasinya, blower harus diperbaiki.

Hal yang normal ketika timbul bunga es pada evaporator saat blower menyala normal. Sebab, evaporator kotor hingga sirip yang berfungsi mengalirkan udara tidak dapat menghantarkan udara karena tertutup oleh kotoran yang ada pada filter udara dan evaporator.

Walaupun blower bekerja dengan baik, jika udara tidak mengalir, menimbulkan bunga es. Cara mengatasinya, bersihkan evaporator dan filter udara menggunakan air bertekanan.

  • Kurang Freon

Kekurangan refrigran (freon) menjadi salah satu penyebab timbulnya bunga es. Saat tekanan refrigran pada evaporator berkurang, maka refrigran menjadi kurang stabil. Hal inilah yang menjadi faktor timbulnya bunga es.

Ciri-ciri ac ruang yang kurang refrigran yaitu tekanan refrigran rendah dan arus listrik rendah. Untuk mengatasi hal ini tambahkan refrigran hingga mencapai dorongan yang normal.

  • Pipa Kapiler Tersumbat

Pipa kapiler tersumbat juga dapat menimbulkan bunga es. Namun, jika pipa kapiler telah tersumbat total maka, ac ruang tidak akan dingin sama sekali. Jadi, bunga es dapat disebabkan oleh pipa kapiler yang tersumbat, tetapi masih dapat mendistribusikan refrigran.

Bunga es terjadi karena jumlah refrigran yang masuk ke dalam evaporator lebih sedikit karena terhambat oleh kotoran pada pipa kapiler. Sehingga, refrigran tidak stabil dan menimbulkan bunga es. Ciri-ciri pipa kapiler tersumbat yaitu tekanan refrigran rendah dan arus listrik tinggi. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan penggantian pipa kapiler dan pembersihan sistem refrigran.

  • evaporator Kemasukan Oli

Oli di dalam evaporator berpotensi menimbulkan bunga es, sebab pipa evaporator yang seharusnya mendistribusikan refrigran karena sebagian pipa evaporator kemasukan oli menyebabkan tempat penyerapan panas tidak merata ke seluruh permukaan evaporator dan menimbulkan bunga es.

Karena penyerapan panas yang seharusnya sepanjang pipa evaporator, namun sebagian kemasukan oli hingga penyerapan pada satu titik lebih tinggi dibanding ketika normal hingga embun yang seharusnya mengalir ke talang air akan membeku.

Ciri-ciri evaporator kotor yaitu terjadi bunga es pada evaporator yang terletak lebih tinggi sebab oli mengalir pada evaporator yang letaknya lebih rendah dan arus listrik tinggi karena penyerapan panas lebih lambat. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan evaporator.

  • Kipas Indoor Mati

Fan atau kipas indoor kotor atau mati akan menimbulkan AC berbunga es atau menggumpal. Jika AC menggumpal karena fan kotor maka bersihkan. Jika fan atau kipas indoor AC mati maka segera perbaiki dengan melakukan pengecekan satu persatu apa yang menjadi penyebab fan indoor AC tidak berputar.

Demikian berbagai penyebab dan cara mengatasi timbulnya bunga es pada AC. Untuk mendapatkan AC berkualitas, percayakan selalu hanya pada CV Astro. Harga yang ditawarkan juga bersahabat. Buktikan sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *